Wednesday 18 May 2016

23: Tentang Menjadi Orang Dewasa

Mei ini adalah bulan ketiga gue berada di usia ke dua puluh tiga. Berada di nominal usia ini bikin gue merasa kek, "Damn! Dua tiga banget nih? Buset," dan, "Anjir, gue udah dua tiga, belom lulus, dan masih jadi beban orang tua." Yawla...

Pas jamannya gue sekolah, gue sering membayangkan seperti apa menjalani hidup sebagai orang dewasa. Saat itu buat gue yang namanya orang dewasa usianya di atas 20an gitu lah. Terus sekarang setelah gue beneran berada di usia 20an, lebih tepatnya 23, gue jadi jiper sendiri sama yang namanya jadi dewasa.

Gue semacem gag nyangka aja gitu udah berada di usia yang pas jaman sekolah gue anggep termasuk usia orang dewasa. Dan beberapa hal yang dulunya gue anggep cuma dilakukan dan dijalani oleh orang dewasa, gue liat sekarang udah dilakukan juga sama temen-temen yang seumuran gue. Apa aja? Salah satu yang masih bikin gue eksaitid seada-adanya sampe sekarang adalah ngeliat temen gue nyetir mobil. Terutama ketika ngeliat temen SD gue nyetir. 

Udah dua kali gue disetirin sama temen SD gue. Pertama pas dianterin pulang sama salah satu temen sekelas gue pas kelas 6 SD abis reuni anak-anak Sang Timur (SD gue) tahun lalu dan disetirin sama sohib gue jaman SD yang fotonya ada di bawah ini Sabtu (14/5) kemaren.

Dari dulu kami memang bagai Yin dan Yang...
Selama disetirin, gue mikir, "Wow, temen gue bisa nyetir. Dia seumuran sama gue. Kami sudah dewasa ternyata." Gue rasa ke-eksaitid-an gue terjadi karena guenya juga belom bisa nyetir mobil ampe sekarang. Tapi keknya walopun saat ini gue bisa nyetir, mungkin gue masih akan merasa eksaitid juga sih. Ehe..

Satu hal lagi yang bikin gue gag nyangka udah berada di usia yang waktu sekolah dulu termasuk usia orang dewasa adalah temen-temen gue ada beberapa yang udah nikah. Gue punya sepasang temen SMP yang kembar. Terus sekarang mereka berdua udah nikah dan expecting their first baby. Salah satu dari si kembar itu ternyata nikah sama kakak pembina Pramuka pas SMP yang pernah gue taksir. Anjay! xD

Ampe sekarang gue masih menganggap nikah-nikahan itu urusannya orang dewasa. Terus ngeliat temen-temen seumuran udah ada beberapa yang nikah gue semacam bikin gue gag nyangka kalo gue juga udah berada di fase orang dewasa. Perasaan baru kemaren gue rayain ulang tahun terakhir gue sebagai teenager. ._.

Bikin gue semakin rajin mikir loh sekarang kalo mau ngelakuin apa-apa. Karena menurut gue, ketika berada di fase dewasa, semua keputusan dan hal yang lo lakukan adalah sesuatu yang serius dan merupakan point of no return buat hidup lo. Bahaya kalo asal ho'oh aja sama segala hal kek yang dulu dilakukan pas jaman sekolah atau pas masih jadi teenager.

Beban dan tanggung jawab sebagai anak di rumah juga sekarang sebenernya udah bukan cuma ngepel lantai rumah dan beresin kamar. Di usia gue, seharusnya gue udah bayarin semua tagihan di rumah gue. Malah kalo bisa Jadi udah gag cuma numpang makan dan tidur doang. Namun apa daya, sejak gue gag kerja di media dan fokus kuliah lagi, gue balik lagi jadi beban orangtua gue. Kadang malu sama umur... ._.

Gue tau kok kalo menjadi dewasa itu bukan perkara usia aja. Tapi tetep aja semua yang berbau usia 20an sekarang ini bikin gue jiper parah. Bawaannya pen mundur ke usia 18 lagi terus kabur ke Neverland biar usia gue gag nambah-nambah. Jadinya gue gag jiper menjadi orang dewasa.

Karena sesungguhnya ampe sekarang gue masih belom dapet petunjuk yang mumpuni tentang bagaimana menjalani kehidupan sebagai orang dewasa. Itulah salah satu faktor yang bikin gue jiper menghadapi usia dewasa. Kalo ada viewers yang mengalami kejiperan yang sama kek gue, yuk kita saling bergandeng tangan menghadapi usia dewasa yang mau gag mau kudu kita hadapi.


That's all, folks!

No comments:

Post a Comment